Subscribe:

Labels

Sabtu, 21 Desember 2013

Tips Untuk Ibu Hamil Muda


Pada masa tiga bulan pertama kehamilan adalah masa yang kritis. Perlu perawatan ekstra untuk menjaga janin sehat dan tidak terjadi keguguran.pada periode tiga bulan awal (trimester pertama),ibu hamil harus menjaga asupan makanan guna menjaga janin dari cacat lahir.

Untuk itu lebih baik mengonsumsi asam folat 400 mg setiap hari selama 12 minggu untuk menjaga kesehatan bayi. vitamin Asam folat merupakan vitamin B yang larut dalam air. asam folat Banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau gelap, misalnya bayam, kangkung, sawi, atau brokoli. Ibu hamil dilarang keras makan ikan mentah, seperti sushi dan sashimi.

Disaat hamil muda  hubungan seks boleh saja dilakukan. Dengan catatan, pada tiga bulan pertama kehamilan, sebaiknya frekuensi hubungan seksual tidak dilakukan sesering biasanya. dikhawatirkan bisa terjadi keguguran spontan dan perlu juga diperhatikan posisinya agar tidak menindih perut, lantaran rahim masih lemah di usia kehamilan masih muda.Tidak kalah penting di perlukan nya melakukan koitus interuptus, yaitu ejakulasi sperma di luar vagina.karena sperma mengandung prostaglandin yaitu zat yang bisa merangsang kontraksi uterus,sehingga bisa menyebabkan keguguran pada saat hamil muda. Karena ada beberapa kehamilan yang mudah mengalami keguguran di sebabkan oleh trauma pada perut, penyakit, atau hal-hal ringan seperti nutrisi yang kurang bagus,kekejangan otot rahim yang kuat. Hal yang harus di hindari saat hamil  muda adalah:
  • Hindari Stres
  • Hindari makanan yang banyak vitamin A dan perbanyak konsumsi makanan dengan zat besi.
  • Jangan sembarang mengonsumsi obat, suplemen, atau zat-zat kimia lainnya
  • Jangan melakukan olah raga berat, misalnya, lari atau aerobik.
  • Jangan merokok atau megonsumsi minuman keras.
  • Hindari pakai pakaian yang ketat  yang tidak lentur. Pakaian longgar atau elastis merupakan pilihan lebih baik karena tidak akan mengganggu perkembangan janin.




0 komentar :

Posting Komentar